Kamis, 06 Oktober 2011

KKPI

CARA MEMBUAT ACCOUNT EMAIL

 1. Membuat account di wordpress. Caranya klik tombol “Sign Up”.

2. Isi formulir pendaftaran anggota baru. Jika sudah ada nama yang sama, akan diminta mengisikan lagi. Pendaftaran yang berhasil akan otomatis mengirimkan cara aktivasi account ke alamat email yang dimasukkan. Buka inbox email saudara dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan account-nya.

3. Mendaftarkan nama blog yang kita inginkan. Jika sudah ada blog dengan nama yang sama, maka akan diminta mengisikan kembali nama blog yang baru.
Konfirmasi jika blog berhasil didaftarkan:

CARA MENULIS ARTIKEL DI BLOG

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam menulis sebuah artikel sederhana di blog:
1. Masuk ke dashboard blog kita. Salah satu cara masuk dashboard adalah arahkan kursor mouse ke bagian atas halaman web. Pilih menu “My Dashboard”. Kemudian klik pada nama blog yang kita inginkan.
Masuk ke dashboard blog dimana kita akan menerbitkan tulisan
2. Klik tombol “Write a New Post” di bagian tengah sebelah kanan.

3. Ketikkan Judul dan Isi artikel.

4. Buat kategori artikel. Arahkan halaman web agak ke bagian bawah. Klik tombol “Add New Categories”. Masukkan kategori-kategori apa saja yang sekiranya Saudara butuhkan nantinya. Dengan adanya kategori maka tulisan-tulisan kita akan lebih rapi pengarsipannya. Jika tidak dibuat, maka artikel akan otomatis dikelompokkan ke “uncategorized” oleh WordPress.

5. Jika sudah dirasa cukup, klik tombol “Publish” di sebelah kanan bagian penulisan artikel. Jika suatu saat nanti artikel dirasa perlu diubah, maka WordPress menyediakan link menu “Edit” yang muncul di setiap artikel yang kita buat.

6. Lihat artikel di blog. Caranya klik tombol “Visit Site” di bagian atas. Kalau ingin muncul di jendela baru, maka klik kanan pada tombol “Visit Site”, kemudian pilih “Open Link in A New Window”.


MEMBUAT ARTIKEL YANG DILENGKAPI DENGAN GAMBAR

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah untuk menambahkan gambar di artikel blog yang akan kita publish di internet:
1. Klik tombol “Write a New Post”.
2. Klik tombol “Add an Image” di toolbar “Add Media” bagian tengah halaman atau di bawah bagian “Title”agak ke kanan.

3. Pilih menu “Browser Uploader”. Mengapa tidak langsung “Choose File”? Beberapa kali uji coba yang dilakukan penulis dengan cara itu selalu gagal. Namun ketika memakai cara Browser Uploader belum pernah menemui masalah, alias selalu berhasil.

4. Pilih file gambar yang mau ditambahkan ke artikel dengan cara menekan tombol “Browse”. Setelah itu klik tombol disebelahnya, yaitu “Upload”. Tunggu sampai upload selesai dilakukan. Lama tidaknya tergantung ukuran file dan bandwith warnet.

5. Atur lokasi tampilan gambar (rata kiri, tengah atau kanan) dan setting ukuran gambar (thumbnail, middle, full size). Kemudian klik “Insert into Post”. Jika sukses maka jendela browser akan kembali ke tempat penulisan artikel dengan dilengkapi tampilan gambar hasil insert tadi.

6. Jika artikel sudah dirasa cukup, maka kirimkan artikel ke blog. Klik tombol “Publish”.
7. Lihat hasil artikel. Klik tombol “Visit Site”. Artikel kita sudah bisa menampilkan gambar.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Themes

SMK 3

 
Copyright (c) 2010 TUGAS KKPI and Powered by Blogger.